385 Views

SorotUpdate.com, sungaipenuh- Diduga bermasalah, pekerjaan konstruksi Bangunan Gedung kantor Puskesmas Kecamatan Hamparan Rawang, kali ini mendapat sorotan dari berbagai kalangan aktivis dan Lsm yang ada di Kota Sungai Penuh.

Pasalnya pekerjaan konstruksi yang bersumber dari dana APBD Kota Sungai Penuh tahun 2022 oleh Dinas Kesehatan Kota Sungai Penuh yang dikerjakan oleh CV. RAHMAT BERSAMA dengan nilai pagu paket Rp. 1.770.000.000,00 (satu milyar tujuh ratus tujuh puluh juta rupiah) yang saat ini masih sedang dikerjakan tersebut diduga banyak terdapat kejanggalan dan keanehan didalamnya.

Hal ini diketahui saat awak media sorotupdate.com bersama tim fatner dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Fakta turun lansung ke lapangan pada jum’at, 26 Agustus 2022 terlihat dilokasi pekerjaan sepi dan terkunci, tidak ada satupun pekerja yang tampak didalamnya, dan menurut pengakuan warga setempat bahwa biasanya hari ini pekerja sedang libur atau istirahat.

“Ya,, biasanya kalau hari Jum’at para pekerja itu libur”, ucap singkat salah satu warga yang ketika itu sedang berada di dekat lokasi pekerjaan.

Dalam menjalankan tugasnya Selaku pengawasan dan social Control masyarakat LSM Fakta hanya bisa mencoba mengambil dokumentasi dasar atas pekerjaan yang sedang dikerjakan ini dari luar pagar saja, tidak bisa masuk karena terlihat pintu pagar yang dikelilingi oleh seng tersebut sedang terkunci kuat oleh gembok yang telah terpasang dilokasi pekerjaan ini.

Dan berdasarkan pantauan salah satu anggota Lsm Fakta ini tampak terlihat beberapa keanehan dan kejanggalan dilokasi pekerjaan pembangunan gedung kantor puskesmas kecamatan hamparan rawang ini,
diduga tampak pekerjaan tidak sesuai spesifikasi yang berlaku umum didalamnya, seperti halnya terlihat beberapa dari tiang bangunan gedung tersebut diduga tidak sama besar dan menempel pada dinding sebelahnya, pembesian yang diragukan, besi penyangga bata yang tidak terpasang, serta kualitas pasir maupun adukan semen yang digunakan, bahkan menurut pengamatan warga setempat juga sangat disayangkan sekali bahwa para pekerja yang sedang bekerja pada hari sebelumnya tidak menerapkan atau memakai safety (APD) Alat Pelindung diri atau Alat Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) yang nantinya akan di khawatirkan berisiko atas keamanan serta kesalamatan bagi pekerja itu sendiri.

Baca Berita Lainnya  Ketua DPRD Kota Sungaipenuh Hadiri Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Atas dugaan permasalahan ini tentunya membuat Ketua Umum Lembaga Swadaya Masyarakat Yosep Rizal angkat bicara, kepada awak media beliau menyampaikan,

“Ini terlihat dari luar saja diduga sudah tampak bermasalah, apalagi kalau dilihat dari jarak dekat, jangankan kita LSM masyarakat saja bisa menilainya lansung,” Ungkapnya.

“Hati-hati bapak PPK dan PPTK serta pengawas, ini uang negara yang sedang dikelola jangan sampai setelah gedung ini selesai dibangun nantinya terdapat temuan didalamnya,” Ucap ketua LSM Fakta ini.

“Dan untuk rekanan juga perlu kami ingatkan, gedung yang sedang dibangun pemerintah ini untuk masyarakat, khususnya masyarakat hamparan rawang Kota Sungai penuh, dan informasi yang kami terima sementara juga dikerjakan oleh salah satu rekanan berasal dari wilayah itu sendiri, Hati-hati dengan pekerjaan anda jangan sampai masyarakat kecewa nantinya, bekerjalah sesuai juknis dan spesifikasi yang ada, lengkapilah pekerja anda dengan alat pelindung diri agar jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan nantinya,” tambahnya.

Dan perlu juga diketahui, kami selaku control social masyarakat bukan hanya kali ini saja, tapi sampai selesaipun kami beserta rekan- rekan lain akan selalu ikut mengawasi dari pekerjaan anda tersebut,” pungkasnya.

Terpisah untuk dimintai keterangannya, media sorotupdate.com mencoba mengkonfirmasikan lansung ke Gunardi selaku PPTK dari pekerjaan ini pada Rabu 31 Agustus 2022, di Dinas Kesehatan Kota Sungai Penuh, tapi sayangnya PPTK tersebut tidak tampak berada dikantor, pintu ruangannya terkunci oleh gembok, dan menurut keterangan salah satu staff beliau sedang berada di kantor walikota,

“Ya, beliau tadi keluar mungkin ada acara di kantor walikota,” ucapnya dengan singkat. (Tim)

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Resize text