555 Views

SorotUpdate.com, Sungaipenuh – Pekerjaan Proyek Rehabilitasi Jaringan Irigasi Desa Gedang tahun 2020, yang dikerjakan PT. Jambi Kreasi Globalindo dengan nilai kontrak Rp. 3.764.839.539-, tampak kini kondisinya sangat memprihatinkan. Padahal proyek tersebut baru saja selesai masa pemeliharaan dipertengahan tahun 2021, namun kondisi saat ini terlihat seperti proyek yang dibangun pada zaman Belanda puluhan tahun yang lalu.

Kondisi ini mengundang perhatian sejumlah pihak, pasalnya proyek yang menggunakan dana alokasi khusus (DAK) ini sangatlah menjadi perhatian masyarakat Kota Sungaipenuh. Tak tanggung-tanggung, proyek yang menelan dana APBN milyaran rupiah ini dinilai masyarakat tidak sesuai harapan dan peruntukan. masyarakat berharap dan meminta aparat penegak hukum berpartisipasi memanggil dan memeriksa Kuasa Pengguna Anggaran (PA) dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) guna memastikan seperti apa konstruksi yang digunakan rekanan.

“ya, kita selaku masyarakat meminta dan berharap aparat penegak hukum bisa memanggil pejabat di instansi terkait, karena masa pemeliharaannya sudah habis pertengahan tahun 2021 yang lalu” ujar Yosep Rizal Ketua Umum LSM Fakta Rabu (15/12/2021).

Baca Berita Lainnya  Wako Ahmadi Dampingi Wakajati Jambi Resmikan Rumah RJ Kumun Debai

Untuk sebuah konstruksi beton semestinya mempunyai umur dan mutu kualitas daya tahan dari beton itu sendiri, kekuatan beton bertulang tentu dihitung mulai dari K berapa yang dipakai untuk sebuah pekerjaan konstruksi seperti pekerjaan irigasi.

“jadi kekuatan nya disitu, umurnya disitu, ada K 250, ada K 300, ada K 400. Itukan menunjukkan spesifikasi teknis. (Kalo masa pemeliharaannya habis’ trus rusak, red) ya konstruksi nya bisa kita katakan gagal” jelas Pemerhati konstruksi Bung Helmi Kamis (16/12/2021)

Sementara, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) kegiatan. Randi Eka Putra Kurniawan, ST, MT mengelak ketika dikonfirmasi awak media sorotupdate.com di kantor PUPR Kota Sungaipenuh Kamis (09/12/2021). (zl/Tim)

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Resize text