530 Views

SorotUpdate.com, Sungaipenuh – Baru saja selesai di bangun dengan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2023, Proyek pembangunan gedung laboratorium SD 036 paling serumpun sudah mulai terlihat retak.

Pantauan dilokasi, Minggu (22/10/2023) Proyek Pembangunan Gedung Laboratorium SD 036 Paling Serumpun Kecamatan Hamparan Rawang, Kota Sungaipenuh tahun anggaran 2023 yang dikerjakan CV. Teluk Permai dengan nilai kontrak Rp. 303. 718. 030-, (tiga ratus tiga juta, tujuh ratus delapan belas ribu tiga puluh rupiah) sudah mulai terlihat retak dan dinilai gagal konstruksi.

Pasalnya, proyek yang baru selesai dibangun dalam hitungan minggu saja dindingnya sudah mulai terlihat retak, parahnya lagi pada lantai gedung bagian teras luar juga mulai terlihat retak seribu.

Kondisi ini mendapat respon dan menuai komentar beragam masyarakat Selasa (24/10/2023). Sumber menyebutkan, ketika dalam sebuah konstruksi gedung yang tanahnya labil, pihak rekanan semestinya melakukan subgrade atau pemadatan terlebih dahulu agar tidak terjadi keretakan baik dinding maupun lantai.

“Ni ada dua kemungkinan, yang pertama subgrade atau dasarnya tidak ada pemadatan langsung dicor, yang kedua bisa jadi tidak ada pekerjaan urungan pasir lantai (pasir kosong) jadi langsung dicor diatas tanah sehingga menimbulkan rembesan air dan ada dasarnya yang turun” sebut sumber.

Baca Berita Lainnya  Ketua DPRD Hadiri Rapat Paripurna III Masa Persidangan III Tahun 2024

Sumber mengatakan, seharusnya pihak rekanan dan juga PPK, PPTK beserta konsultan pengawas mengetahui betul kondisi dasar bangunan agar tercapai sebuah mutu konstruksi yang baik.

“Biasanya untuk konstruksi di daerah yang tanahnya boleh dikatakan labil ada baiknya untuk lantai dibuat konstruksi jaring laba-laba agar aman untuk konstruksi” kata sumber.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Sungaipenuh, Khaidirman, S,Pd, M,Si selaku kuasa pengguna anggaran (KPA) ketika dikonfirmasi Via WhatsApp Senin (23/10/2023) dengan dua conteng berwarna coklat tanda pesan masuk, namun tidak diperoleh jawaban.

Sementara itu, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), dan PPTK belum berhasil dikonfirmasi. (zl)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Resize text